Potensi Peningkatan Wabah Corona Menyerang Indonesia

0
11
wabah corona menyerang indonesia
unsplash.com

Saat ini pemerintah telah menetapkan kasus wabah Corona menyerang Indonesia sebagai bencana nasional. Dimana status ini sudah diumumkan pada tanggal 14 Maret 2020 oleh presiden lewat Kepala Badan Penanggulangan Bencana di Gedung BNBP.

Beberapa daerah yang berada di Indonesia juga telah menetapkan status tanggap darurat wabah Corona atau Covid-19, meskipun pemerintah belum mengambil jalan untuk lockdown. Pemerintah hanya memberikan himbauan kepada warganya untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah jika tidak dalam kondisi yang terdesak.

Potensi Wabah Corona Menyerang Indonesia

Saat ini wabah Corona menyerang Indonesia makin berpotensi mengalami peningkatan. Angka penularan Covid-19 di Indonesia bertambah secara eksponensial dengan mengikuti deret ukur yang berjumlah kian membesar. Hal ini juga tak terkendali jika tidak ada upaya mengurangi laju penyebaran dengan tidak menghilangkan faktor-faktor penting yang mengakibatkan memperluas wabah penyakit ini.

Melalui analisis fungsi eksponensial, telah diperkirakan dengan data kasus sejak tanggal 2 Maret serta asumsi level penggandaan waktu kasus seperti pada Negara Iran dan juga Negara Italia pada akhir April tahun 2020. Akan terdapat sekitar 11.000-71.000 kasus Covid-19 di Indonesia. Angka tersebut akan dapat tercapai jika penanganan serangan dari Coronavirus ini masih seperti saat ini.

Pesatnya wabah Corona menyerang Indonesia saat ini dikarenakan sangat minimnya informasi lokasi penderita Covid-19, kuantitas dari penderita, dan juga kurang pedulinya masyarakat. Hal ini membuat kasus Corona semakin meluas dengan cepat. Kepastian Indonesia terkena wabah Corona sejak bermula pada tanggal 2 Maret lalu setelah presiden menyatakan dua kasus pasien positif Coronavirus di Kota Depok.

Setelah itu, sejumlah kasus baru terus meningkat dengan sangat cepat bahkan hingga berlipat ganda. Pada akhir pekan kedua, kasus telah melonjak menjadi 117 kasus hingga per Maret 18 naik lagi mencapai angka 227 kasus dan sehari selanjutnya menjadi 309 kasus.

Per 19 Maret kasus lebih banyak 154 kali jika dibandingkan dengan kasus yang sebelumnya. Tak hanya itu, masih terdapat 480 pasien yang masih diawasi serta 976 orang yang dipantau terkait dengan SARS-COV-2,virus yang menyebabkan penyakit COVID 19.

Angka-angka tersebut baru yang terlaporkan dan juga telah terdeteksi di laboratorium. Masih terdapat kemungkinan orang terinfeksi, akan tetapi tidak berani untuk melaporkannya. Meskipun demikian, warga tetap harus bersikap tenang, tidak panik, dan selalu menjaga kesehatan tubuh untuk melindungi dari wabah Corona menyerang Indonesia. Baca juga, Berbagai manfaat olahraga untuk menagkal penyakit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here