Tak Jauh Berbeda Dengan Sars, Berikut Fakta Virus Corona

0
43
virus corona

Dunia saat ini sedang digemparkan dengan virus corona yang berawal di China. Virus ini sudah menjadi trending topik yang cukup mencengangkan warga dari berbagai negara. Penyakit yang disebabkan virus ini sejatinya tak jauh berbeda dengan SARS (Server Acute Respiratory Syndrome). Keduanya memiliki kesamaan yakni berasal dari farm yang sama. Kendati demikian virus asal wuhan ini dikatakan lebih ramah bila dibandingkan SARS. Sebab, ia tak seganas SARS yang menyebar kala 2002-2003 lalu. SARS merupakan virus yang menyerang pernapasan. Saat SARS menghebohkan dunia, ada 800 korban jiwa di 26 negara dengan total 8.000 orang terinfeksi virus ini.

Dilansir dari Reuters, berikut ini fakta virus corona dan sedikit bedanya dengan SARS.

  1. Masa inkubasi virus ini dapat dengan mudah menyebar sebelum memunculkan gejala penyakitnya dapat berkisar dari satu hingga 14 hari. Sementara itu, virus SARS membutuhkan waktu beberapa minggu untuk dapat terlihat gejalanya dan pemulihan totalnya pun mungkin membutuhkan waktu yang lama.
  2. SARS adalah virus yang menyebar setelah masa inkubasi 2 s.d 7 hari, sementara corona adalah virus yang dapat menyebar saat inkubasi.
  3. Menurut Xiaowei, virus wuhan telah berevolusi dan mengakibatkan penyebarannya menjadi relatif lebih cepat dan telah memasuki periode yang lebih parah dan rumit. Naasnya, pihak berwenang mempunyai pengetahuan terbatas mengenai virus yang diduga berasal dari hewan liar tersebut. Hal ini membuat mereka kesulitan mengetahui risiko yang ditimbulkan oleh mutasinya.
  4. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hanya melabeli wabah virus corona sebagai keadaan darurat bagi China bukan darurat global, walaupun berbahaya dan telah menyebar ke banyak negara.
  5. Infeksi virus wuhan mengakibatkan berbagai gejala, di antaranya termasuk flu, demam, batuk, sesak napas, dan kesulitan bernafas. Kasus yang lebih parah dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, bahkan kematian.
  6. Pihak berwenang China mengatakan bahwa sebagian besar korban yang meninggal akibat virus corona ialah orang tua (lansia) dan mereka yang mempunyai riwayat penyakit/kondisi medis tertentu.
  7. Corona ialah bagian dari Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) dan SARS adalah penyakit pernapasan yang bersumber virus RNA (ribonucleic acid). Maknanya virus ini menjadikan RNA sebagai materi genetiknya, bukan DNA. Dengan demikian, virus corona menyatu dengan DNA inangnya, dan dapat bermutasi dengan cepat.
  8. Kasus terkait virus wuhan dikabarkan sudah sampai ke Macau, Taiwan, Thailand, Hong Kong, dan Vietnam. Bahkan meluas pula ke Amerika Serikat, Australia, Kanada, Prancis, Jepang, Malaysia, Nepal, Singapura, dan Korea Selatan. Akan tetapi, tidak ada kabar kematian yang dilaporkan terjadi di luar negeri tirai bambu itu.
  9. Virus ini dipastikan muncul akhir tahun kemarin di sebuah pasar makanan di Wuhan yang secara ilegal menjual satwa liar. Peneliti China menduga virus corona yang ditularkan ke manusia dari binatang ular sampai kelelawar. Kedua binatang tersebut dijual di Huanan Seafood Market (Pasar Makanan Laut Huanan).

virus corona

Begitulah fakta virus corona yang ternyata tak jauh berbeda dari segi sifatnya. Bahkan malah lebih gesit dan cepat penyebarannya. Yang jelas keduanya sama-sama merugikan bagi manusia. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan terlindung dari virus corona. Baca juga, Cara Memilih RPA Software Terbaik Untuk Bisnis Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here